Mengapa Annual Report Penting?

Laporan tahunan (annual report) perusahaan bukan sekadar pemenuhan kewajiban terhadap regulasi tertentu. Lebih dari itu, annual report adalah ‘lautan’ informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholder). Dari angka keuangan hingga gaji direktur dan CEO, annual report memiliki segudang informasi yang mungkin dibutuhkan oleh stakeholder. Inilah beberapa alasan yang membuat annual report itu penting.

Berkomunikasi dengan Stakeholder

Laporan tahunan merupakan elemen penting dari strategi komunikasi keuangan untuk menyampaikan pesan komunikasi kepada stakeholder. Pesan-pesan komunikasi untuk investor, misalnya, berupa kinerja keuangan dan perkembangan perusahaan. Investor mencari bukti manajemen yang sehat ketika mereka meninjau data keuangan dalam laporan tahunan. Mereka dapat melihat apakah penjualan sedang mendatar atau perusahaan telah mengambil terlalu banyak utang. Untuk melindungi investasi, investor juga ingin tahu bahwa sebuah perusahaan beroperasi di pasar yang menawarkan peluang pertumbuhan. 

Annual Report untuk

Membangun Kepercayaan Pelanggan

Annual report memberi informasi kepada pelanggan tentang status perusahaan dan membantu membangun kepercayaan di dalamnya sebagai pemasok jangka panjang. Pelanggan bergantung pada pemasok mereka untuk pengiriman produk dan layanan berkualitas yang andal yang penting bagi bisnis atau memenuhi kebutuhan pelanggan. Pelanggan meninjau informasi tentang berbagai informasi yang akan menjamin kontinuitas pasokan. Informasi tentang rencana produk atau kegiatan penelitian dan pengembangan membantu pelanggan mengintegrasikan produk masa depan perusahaan dengan rencana pengembangan produk mereka sendiri.

 

Annual Report Penting untuk

Menarik Minat dan Mempertahankan Karyawan

Karyawan ingin tahu bahwa mereka bekerja untuk perusahaan progresif yang dapat menawarkan masa depan yang aman dan peluang kerja yang solid. Karyawan tentu lebih ingin tetap bekerja di perusahaan yang menawarkan masa depan lebih menjanjikan. Selain itu, persepsi terhadap suatu perusahaan juga bisa terbentuk dari annual report yang tersaji untuk publik. Bukan tak mungkin, minat calon karyawan untuk bekerja di perusahaan tersebut bermula dari persepsi yang terbentuk dari annual report.

 

Menginformasikan dan Mempengaruhi Media

Media memainkan peranan penting dalam keberlangsungan suatu organisasi atau perusahaan. Media memantau kegiatan perusahaan untuk melaporkan lebih luas kinerja keuangan dan bisnis perusahaan itu ke khalayak luas. Tak hanya itu, media juga bisa memuat analisa mereka terhadap kinerja perusahaan atau organisasi berdasarkan informasi pada annual report dan sumber-sumber lainnya. Selanjutnya, analisa media dapat mempengaruhi opini, pandangan hingga perilaku masyarakat terhadap perusahaan atau organisasi.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com