Saran atau masukan dari konsultan media dibutuhkan oleh klien untuk memenuhi kebutuhannya. Tapi, apakah konsultan media hanya sekadar memberi saran sesuai dengan kapabilitasnya? Tidak, konsultan media dapat memberi lebih dari itu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai fungsi konsultan media:

 

Peran Konsultan Media Menyediakan Informasi

Konsultan media dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh kliennya. Konsultan media, misalnya, pernah mengadakan survei mengenai karakteristik pengguna media sosial di wilayah tertentu. Calon klien mereka bisa memanfaatkan data dari survei tersebut untuk kepeluan brand awareness. Konsultan media bisa saja menjadi anggota komunitas tertentu yang kerap menerima data yang hanya dapat diakses oleh anggota komunitas tersebut.

 

Memecahkan Masalah

Umumnya, perusahaan akan memfokuskan kegiatan operasionalnya untuk mengejar tujuan utamanya, misalnya meningkatkan laba. Dalam mencapai tujuan itu, perusahaan sangat mungkin menghadapi sejumlah tantangan atau masalah. Tak tertutup kemungkinan, detil berbagai masalah ini memerlukan keterlibatan pihak eksternal untuk mengatasinya. Di sinilah konsultan media dapat membantu untuk memecahkan masalah kliennya.

 

Analisis yang Efektif

Konsultan media seharusnya memiliki pengalaman lebih banyak mengenai suatu isu daripada sejumlah pegawai perusahaan yang menjadi kliennya. Dengan begitu, konsultan media mampu menganalisa atau memberikan diagnosanya secara lebih efektif terhadap isu yang dihadapi oleh kliennya. Analisa atau diagnosa yang dilakukan secara terukur dan sistematis dapat menjadi rekomendasi bagi klien untuk mengambil keputusan.

 

Fungsi Konsultan Media Menerapkan Perubahan

Setiap entitas bisnis tak akan terlepas dari yang namanya perubahan. Perubahan bisa didasari dari faktor-faktor eksternal maupun internal. Top management adalah yang berwenang menetapkan perubahan yang diperlukan. Nah, implementasi perubahan itu sendiri bisa saja melibatkan konsultan media. Sebuah perusahaan, misalnya, menetapkan perubahan strategi pemasaran yang menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. Lebih spesifik, perusahaan tersebut semakin gencar memasarkan produknya nyaris tanpa bertemu dengan calon pelanggannya. Maka, konsultan media bisa merekomendasikan pembuatan aplikasi khusus atau platform e-commerce yang memiliki fitur bagi calon buyer untuk mengukur keakuratan ukuran produk incarannya.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com