SEO Off-Page merupakan proses mengoptimalkan SEO yang dilakukan di luar website. Tujuannya adalah untuk menaikkan peringkat Search Engine Result Page (SERP), page rage halaman website, reputasi website, membangun kepercayaan, dan otoritas website dari mesin pencari. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO Off-Page, seperti di bawah ini: 

 

Tautan Balik (Backlinks) Dalam SEO Off-Page

Word-of-Mouth Marketing (WOM Marketing) atau dari mulut ke mulut masih menjadi salah satu bentuk iklan terbaik untuk bisnis apapun. Tautan balik (backlinks) bisa dianalogikan seperti WOM Marketing dengan media berbeda. Namun juga dianggap sebagai bagian tersulit dari SEO karena memerlukan sumber luar untuk mempublikasikan konten tentang bisnis Anda. 

Cara termudah untuk mendorong backlink ke situs Anda adalah dengan membuat konten yang bagus serta sering memposting informasi menarik, yang pada gilirannya akan mendorong orang lain untuk meninjau atau membicarakan bisnis Anda. 

Metode lain yang efektif untuk mengamankan backlink adalah dengan menghubungi blogger atau pengelola web yang relevan secara langsung. 

 

Media Sosial

Media sosial adalah salah satu saluran terbaik bagi bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memberikan pembaruan tentang berita apapun dari bisnis Anda. Selain itu, bisa sangat berguna dalam mencapai target tertentu serta mempromosikan produk dan layanan dengan memposting konten menarik seperti gambar dan video. 

Forum online juga bisa berperan serupa dengan media sosial dalam hal promosi produk. Saat seseorang melihat posting-an Anda dan tertarik–meskipun belum tentu membeli produk, maka tidak menutup kemungkinan mereka kemudian (setidaknya) menyebarkan konten tersebut. 

Lebih baik lagi, bila mereka merekomendasikan produk Anda kepada rekan-rekannya. Ingat, penyebarluasan konten melalui media sosial sangatlah cepat dan masif.

 

Direktori Online SEO Off-Page

Direktori online memungkinkan Anda untuk terlihat di berbagai situs serta mengumpulkan ulasan dari pelanggan Anda. Kehadiran direktori online yang baik dan ulasan pelanggan yang positif dapat mendatangkan banyak pelanggan baru ke bisnis Anda. 

Penting juga untuk meninjau dan menanggapi ulasan negatif tentang bisnis Anda karena ini pasti dapat mempengaruhi citra merek Anda. Anda bisa memasukkan artikel ke beberapa social bookmark atau directory article populer, seperti Twitter, Pocket, atau Scoop.it. 

Dengan memasukkan beberapa artikel ke beberapa social bookmark tersebut, tentunya akan banyak orang yang akan membaca artikel Anda dan berkunjung ke website Anda.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com