Search Engine Optimization (SEO) adalah proses meningkatkan visibilitas peringkat website pada mesin pencari secara organik. Charles Mechri dari rankingCoach menjelaskan elemen terpenting SEO untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak traffic dari Google dan mesin pencari lainnya. SEO dibagi menjadi dua bagian, yakni SEO On-page dan SEO off-page. SEO On-page mengacu pada semua teknik yang dapat diterapkan di website Anda untuk meningkatkan peringkat Anda di Search Engine Results Pages (SERP). Nah, ada beberapa elemen yang harus diperhatikan agar SEO On-page berdampak lebih optimal.

 

Isi SEO On-Page

Isi atau konten website adalah elemen terpenting dari strategi optimasi mesin pencari yang efektif. Saat menyusun konten website, Anda harus mempertimbangkan informasi mana yang penting bagi pelanggan. Panjang konten website memiliki arti penting. Maka, disarankan untuk menyusun teks yang terdiri dari minimal 300 kata. Meski begitu, rata-rata yang baik untuk sebuah halaman adalah sekitar 500 kata. Ingatlah bahwa semakin panjang kontennya, semakin baik. Tetapi, usahakan agar konten Anda tetap menarik dan relevan bagi pelanggan Anda sambil menghindari pengulangan (duplikasi).

 

Kata Kunci 

Kata kunci (keyword) adalah istilah yang diketik pengguna ke mesin pencari, seperti Google, untuk menemukan situs tertentu. Memiliki kata kunci yang relevan adalah suatu keharusan agar dapat ditemukan di halaman hasil mesin pencari organik. Kata kunci yang baik adalah istilah dengan banyak permintaan di Google dan terkait erat dengan area bisnis Anda. Untuk ditemukan di SERP, Anda harus mengintegrasikan kata kunci Anda dalam judul halaman web Anda serta dalam konten situs web Anda. Lebih baik untuk mengintegrasikan kata kunci di awal teks Anda, sambil memastikan bahwa integrasi terlihat alami dan sesuai dengan konten Anda. 

 

Meta Title dan Meta Description SEO On-Page

Meta title dan meta description adalah ‘judul’ yang diterbitkan di SERP. Umumnya, panjang meta title maksimal 55 karakter. Meta title yang efektif harus menyertakan tiga kata kunci utama dan relevan dengan bisnis Anda. Sementara itu, meta description ditampilkan di SERP di bawah meta title. Deskripsi ini harus berisi maksimum 150 karakter dan juga harus mengandung tiga kata kunci utama. Deskripsi harus dengan jelas menguraikan bisnis Anda untuk menarik pengguna mengunjungi situs Anda.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com