Tema merupakan hal pertama dan paling utama yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan annual report. Tema hendaknya dapat memperkuat visual dan menjadi penggambaran visual yang diterjemahkan dalam kata-kata pada isi laporan tahunan. 

 

Memang, tak mudah menentukan tema laporan tahunan. Sebagai langkah awal, buatlah semacam daftar atau list pilihan tema. Pilihan tema dapat memperhitungkan berbagai hal, seperti kondisi terkini, milestone, atau rencana strategis perusahaan.  Tema annual report boleh bersifat melaporkan pencapaian atau pernyataan masa depan perusahaan (forward looking statement). Perpaduan keduanya juga bisa diterapkan, Namun, hal ini cukup riskan karena bisa membuat annual report kehilangan fokusnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tema, antara lain sebagai berikut:

Originalitas Tema Annual Report

Tema yang baik harus mengandung keaslian atau originalitas. Maksudnya, tema jangan bersifat pengulangan atau sama persis dengan tema-tema sebelumnya. Pengukuran originalitas dapat dilakukan melalui pendekatan, pokok persoalan, sudut pandang, rangkaian kalimat, pilihan kata, dan sebagainya.

Judul 

Tema menarik, tapi judulnya biasa saja membuat laporan tahunan kurang ‘gereget’. Maka, buatlah judul yang ‘eye-cathing’ karena lebih menarik perhatian orang untuk membuka halaman demi halaman isi laporan tahunan. Dengan demikian, pihak eksternal pun tertarik untuk membaca laporan tahunan perusahaan Anda. 

Kesatuan

Satu annual report hanya boleh mengusung satu tema. Jika memiliki lebih dari satu tema, maka tidak akan ada kesatuan gagasan sentral yang menjadi landasan seluruh isi laporan tahunan. 

Kejelasan Tema Laporan Tahunan

Tema wajib jelas, tidak ambigu, atau multitafsir. Kejelasan ini dapat dilihat dari berbagai rinciannya. Bila rincian di halaman-halaman isi laporan tahunan tidak menjelaskan atau berkaitan dengan tema, maka akan mengaburkan tema itu sendiri. Perhatikan pula diksi. Diksi yang hiperbola atau tidak realistis juga bisa mengaburkan tema. 

Perkembangan

Perkembangan di sini lebih bersifat teknis. Maksudnya, perhatikan perkembangan satu kalimat dengan kalimat selanjutnya, satu paragraf dengan paragraf berikutnya dan seterusnya. Perkembangan ini dapat menggambarkan sebuah laporan tahunan tersusun secara logis dan sistematis atau tidak.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com